Saturday, September 10, 2011

Terjemah Kitab Akhlaqul Banin Juz I Full

CONTOH TERJEMAH AKHLAQUL BANIN JUZ 1

BAB IV
SEORANG ANAK WAJIB BERADAB 
MULAI SEJAK KECIL


Kitab              : Akhlaqu Lil Banin Juz I
Penterjemah : Irwan Setiawan, S.Pd.I, M.Pd

       Ahmad merupakan anak yang masih kecil, akan tetapi dia sangat beradab (sopan), dan karena ini dia disayangi oleh ayahnya, Dia juga selalu bertanya atas hal yang tidak difahaminya.
      Pada suatu hari Ia bertamasya bersama ayahnya ke kebun maka ia melihat bunga mawar yang sangat indah sekali, akan tetapi terlihat bengkok. Maka Ahmad bertanya : Kenapa bunga yang sangat cantik ini tetapi bengkok wahai ayahku? Maka Ayahnya menjawab : karena kebunku ini tidak dirawat dengan menegakan pohon ini dari sejak kecilnya, maka pohon bunga ini menjadi bengkok. Maka Ahmad berkata : lebih baik kita berdirikan pohon yang bengkok ini sekarang. Maka Ayahnya tersenyum, ia berkata : Itu tidak mungkin wahai anakku, sesungguhnya pohon mawar itu telah besar, dia telah tebal sehingga akan patah/rusak.
       Maka dengan hal itu wahai anakku, orang yang tidak beradab dari sejak kecil, tidak akan mungkin ia beradab dimasa dewasanya.
        Semoga bermanfaat.
        Sukabumi, 10 September 2018
        Irwan Setiawan, S.Pd.I, M.Pd


BAB V
ALLAH SWT

  1. Wahai anak yang baik/hebat : Allah SWT dialah yang telah menciptakanmu, memperindah wajahmu, dan yang telah memberikan kamu kedua mata yang dapat melihat sesuatu. kedua telinga yang dapat mendengar suara-suara. lidah yang dapat berbicara, kedua tangan yang dapat memegang dalam segala pekerjaan mu. kedua kaki yang dapat berjalan. aqal yang dapat mengetahui mana yang baik dan mana yang jelek. memberikan keni'matan sehat wal afiat kepada mu. Allah telah menyimpan sifat kasih sayang pada hati kedua orang tua sehingga mereka mendidik kamu dengan pendidikan yang baik.
  2. Maka kamu wajib mengagungkan dan mencintai tuhanmu, selalu bersyukur atas segala ni'mat-ni'matnya, melaksanakan segala perintahnya dan menjauhi segala larangannya, serta mengagungkan para Malaikatnya, para rasul, para nabi, orang-orang solih, ahli ibadah, seyogyanya mencintai mereka sesungguhnya Allah juga mencintai mereka. 
  3. Apabila kamu mencintai Allah SWT, menjalankan segala perintahnya menjauhi larangannya, niscaya akan bertambah keni'matan, serta manusia/oranglain akan selalu mencintaimu, menjaga dari segala penyakit, memberi atas segala keinginanmu atas rezeki dsb.

Kitab Al Akhlaq Lil Banin Juz I dapat di Download secara gratis silahkan kilik link ini !
 Download Full


8 comments:

  1. Asslamu 'alaikum Wr. Wb.
    Anak-anak MTs. Bina Bangsa yang pintar, silahkan kamu semua tulis komentarnya disini... moga bermanfaat

    ReplyDelete
  2. Akhlaqul Banin Juz duanya mana ustad ? :)

    ReplyDelete
  3. Sangat bermanfaat
    JAzakaLLah khairal jaza'
    kami nanti terjemah bab selanjutnya

    ReplyDelete
  4. Tolong doa dari kawan-kawan saudara/ri sesama pecinta bina anak-anak MTS berakhlak mulia.kami bentar lg mau melaksanakan pengajian kitab akhlaq lilbanin secara rutin,tolong doa bgt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya mendoakan semoga putra putri bangsa memiliki akhlaq yang mulia. Amub

      Delete