Sunday, August 21, 2011

Buku SKI Kelas IX Untuk Madrasah Tsanawiyah


BUKU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS IX 
UNTUK MADRASAH TSANAWIYAH
Penulis :  Irwan Setiawan, S.Pd.I, M.Pd
                                            Lora Hamdarida, S.Pd
 
BAB I
MASUKNYA ISLAM KE INDONESIA


A.   Proses Masuknya Agama Islam Ke Indonesia
Masuknya agama Islam ke Indonesia, hingga sekarang tidak diketahui waktunya yang pasti. Para ahli sejarah  mengemukakan dua pendapat yang akhirnya dapat diterima sebagian masyarakat tentang waktu masuknya Islam di Indonesia.
Pendapat yang pertama menyebutkan bahwa kedatangan Agama Islam pertama kali di Indonesia terjadi pada abad pertama hijriyah atau sekitar abad  Ke -7 M. Pendapat ini didukung oleh beberapa bukti, antara lain :
1.    Catatan Sejarah Kerajaan Cina
Pada jaman Dinasti Tang terdapat rencana-rencana orang Ta-Shih untuk menyerang Kerajaan Holing yang diperintahkan oleh Ratu Sima (674 M). Namun rencana tersebut kemudian dibatalkan karena kuatnya pemerintahan Ratu Sima. Ta-Shih dalam berita China itu ditafsirkan sebagai orang-orang Arab.
2.    Berita Chou Ku Fei (1178 M)
Berdasarkan catatan sejarah ini bahwa di daerah Indonesia saat itu terdapat dua tempat yang menjadi komunitas orang Ta-Shih yaitu Fo-lo-an dan Sumatra Selatan. Wilayah ini merupakan wilayah kekuasaan Kerajaan Sriwijaya, sedangkan Fo-lo-an sekarang lebih dikenal dengan Kuala Brag, Trengganu, Malaysia. More..................
Cover Sejarah Kebudayaan Islam Kelas IX

Buku Kecil ini adalah Buku "Sejarah Kebudayaan Islam Kelas IX"  silahkan download secara gratis untuk Buku secara keseluruhan/Semester I dan II untuk Madrasah Tsanawiyah (MTs).dengan mengklik link dibawah ini !!!

9 comments:

  1. Semoga bermanfaat buat guru/siswa di mts dimanapun berada... mohon komentarnya yach.....

    ReplyDelete
  2. Asslamu Alaikum Wr. Wb.
    Salam buat Bpk. Kepala MTs. Miftahul HUda Al-Mas'udiyah (Bpk. H. Ayi Rosmayadi, SHI) Ibu Wakil Kepala MTs. MH. Al-Mas'udiyah Ibu Henti, SHI dan Salam juga buat Guru dan Staf pengajarnya semoga sehat selalu, tidak lupa buat anak-anak siswa Mts. Mihalda semoga menjadi anak yang sholeh.

    ReplyDelete
  3. terimaksih pak, bermanfaat sekali :)

    ReplyDelete
  4. Syukran akhi.. maaf SKI untuk kelas VII gak ada ya?

    ReplyDelete
  5. Terimaksih banyak Pak ! , ini sangat menolong saya .

    ReplyDelete
  6. Terima kasih, izin share bukunya. Moga manfaat bagi kita semua.

    ReplyDelete
  7. Sama-sama untuk yang kls VII dan VIII sudah ada yang K-13

    ReplyDelete